Senin, 26 Mei 2014

TIPS USM STAN

Ujian Nasional sudah selesai. Adik-adik SMA saat ini sedang menanti hasilnya dan sambil memikirkan akan ke mana setelah lulus SMA. Adik-adik harus segera menentukan langkah strategis menuju masa depan. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah (hari gene gak kuliah…) siapkan pikiran dan materi yang diperlukan dan juga informasi juga mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan universitas yang dituju. Perguruan tinggi yang bisa menjadi salah satu pertimbangan adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).
Nah, bagi kamu yang masih semangat untuk masuk STAN, berikut ini ada tips dan trik masuk STAN (dikutip dari beberapa sumber).

untuk melihat peryaratan USM STAN 2014 klik link ini


TIPS USM STAN

1.Belajar
2.Berdoa
3.berusaha

4.Pilihan Rasional

Yah, tips standar itu. Eit, jangan salah… ini memang tips jitu untuk semua tujuan. Heheh…


Belajar disini gak usah ngoyo. Nah mumpung masih anget nih abis belajar UN, disana kan ada Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kalo UN bisa tes STAN pasti bisa lah. Setelah UN jangan hura-hura dulu, latihan soal SBMPTN kek, USM STAN, dan jangan lupa iseng-iseng baca TOEFL inggris dan Soal Psikotes ya! Baca majalah, koran, lihat berita, lihat UUD yang ada susunan pemerintahan, pokoknya bacaan yang perlu dibaca untuk menambah pengetahuan kita.

Perlu diingat, Jangan belajar GILA-GILAAN 1 hari sebelum ujian. Bahaya..!! Ini juga satu masalah yang harus kita hindarin. Banyak temen-temen yang belajar dari pagi-malam di waktu-waktu itu. Dan banyak juga yang nggak diterima gara-gara itu. Lebih baik 1 hari sebelum  ujian itu  anya mengulang-ulang apa yg telah kita pelajari, sekedar agar kita tidak lupa yg telah kit pelajari. "Jangan Stress sebelum ujian, stress setelah ujian itu gapapa" hehehe ...

Dan jangan lupa, tingkatin logika kalian. Sebenarnya ujian masuk STAN itu sangat mudah, lebih mudah daripada ujian di tempat lain. Intinya di ujian itu hanya butuh 1 hal yaitu logika. Kalau logika kita bagus maka tidak menutup kemungkinan kita bakal diterima. Peran logika disini sangat penting karena sebagian besar (setelah melakukan pengamatan dari soal soal ujian STAN) adalah soal logika.

Berdoa, jangan lupa berdoa apalagi ketika akan ujian, perbanyak sedekah, dan ibadah-ibadah lain. Jangan lupa jangan berbuat maksiat lho... jaga hati, soalnya masa penantian kelulusan adalah masa paling rawan bikin stress orang. 

Berusaha, yang namanya pengin yang terbaik, usahanya juga harus makin kenceng kan? Kalo niat ke STAN ya cari info sebanyak-banyaknya dari manapun, cari kumpulan soal ujian (ada nih kumpulan soal, coba buka link ini), ikut pendaftaran, ujian dan patuhi aturan yang ada. Eits...gak harus ke STAN tok lho.. yang lain juga. Jangan takut atau malas untuk ndaftar ke banyak universitas (seperti ikut SPMB , STAN, atau STIS). Enjoy aja... olahraga jangan lupa, jaga kesehatan.
(tips di atas manjur lho....)


Pilihan harus rasional. Maksudnnya adalah mencari bidang dimana peluang paling besar bagi kita untuk dapat lulus. Ini adalah spesialisasi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) diurut menurut kuota (dan minat mayoritas) tahun sebelumnya (2013) :

  1. Akuntansi, merupakan spesialisasi program diploma III yang memiliki kuota paling banyak di STAN, dan per kelasnya itu sebagian cowo dan sebagian cewe.
  2. Pajak, diploma III lebih sedikit kuotanya daripada diploma I nya, dan diploma III nya per kelas terdiri dari setengah cowo dan setengah cewe, sedangkan pada dioploma I per kelasnya terdiri oleh mayoritas cowo dan hanya sedikit cewe yaitu sekitar 5 org. .
  3. Kepabeaan dan Cukai, Pelatihan (seminya) semi-militer Diploma III yg per kelas nya hanya terdiri dari cowo2, dan Diploma I yang tetap mayoritas cowo dan hanya terdiri dari 3 org cewe tapi cewe nya brohhhh. . waaawwww ... hahhaha
  4. Kebendaharaan Negara, Diploma III dan Diploma I perkelasnya balance antara cowo dan cewe. kuotanya lumayan banyak tapi masih lebih sedikit dibanding 3 di atas.
  5. Pengurusan Piutang dan Lelang, kuotanya cukup sedikit, hanya 2 kelas.
  6. Penilai, kuotanya paling sedikit, hanya tersedia 1 kelas .



TRIK mengerjakan soal
Nah, setelah menyimak tips singkat di atas, mari kita baca trik-trik dalam mengerjakan soal Ujian Saringan Masuk STAN (USM STAN):



  1. Berdoa sebelum mengerjakan
  2. Tenang, percaya diri dan konsentrasi penuh, jangan berharap sedikitpun untuk bertanya kepada peserta lain, jaga keseimbangan otak, jangan stress, jangan tegang, positif thinking bahwa kamu pasti bisa dan selalu tekankan pada batin kita bahwa kita cerdas, pinter, dan pandai.
  3. Kalau panik, merem aja bentar dan baca doa dan yakin Allah bersama kita.
  4. Berpikir sederhana ketika mengerjakan soal, jangan sampai soal mudah dibikin sulit.
  5. Kerjakan yang paling mudah dulu, baru mudah, dan agak mudah (gak ada soal susah koq)
  6. Jawaban yang yakin salah singkirkan terlebih dahulu
  7. Ga usah kepikiran wat nyontek. PeDe aja ma diri Sendiri.. (kalau kita lolos berarti karena usaha kita sendiri, kalu belum lolos berarti belum rejeki ) INGAT, LEBIH BAIK NGERJAIN SENDIRI DAN LOLOS DARIPADA NYONTEK TAPI GA LOLOS. ^_^
  8. Jangan buru-buru, cek lagi kalo udah selesai.
  9. Untuk soal logika matematika kan a,b,c,dan d..nah caranya masuk-masukin aja pilihan jawaban ke soal. Jangan mencari jawaban dari soalnya, bikin lama (kecuali gak ada cara lain)
  10. Semua soal kalo bener-bener gak ada bayangan gak usah diisi aja, tapi kalo ada keyakinan bener 50% saja, isi...! jangan ragu (yang ini doa dulu)
  11. Gunakan feeling yang jernih
  12. Jika ingin ke kamar kecil lakukan sebelum ujian di mulai dan usahakan tidak kebelet pipis, BAB, lapar dan haus pada saat mengerjakan soal (serius nih)
  13. Usahakan setiap tipe soal kalian kerjakan 1/3 dari jumlah soal dan HARUS BETUL (ini harga mati)
  14. Informasi terkini seputar berita-berita nasional dan internasional melalui koran, radio, televisi, biasanya cukup bermanfaat
  15. Biasanya banyak soal cerita yang memerlukan banyak waktu dan fikiran, cari cara penyelesaian yang paling cepat dan tepat
  16. Gunakan waktu seefisien dan seefektif mungkin
  17. Jika masih tersedia sisa waktu, analisa kembali lembar jawaban siapa tahu ada pertanyaan jebakan
  18. Soal-soal logika perlu dipahami dengan teliti
  19. Dengan sedekah dapat mengatasi kesulitan. Babat habis semua soal. Peringatan keras buat adik-adik, jangan sampai ada soal ngga dijawab, inget yah harus di jawab semua.. Dan dari survei membuktikan bahwa soal itu lebih baik dijawab daripada ngga dijawab.Percaya dech..



Untuk Tes Tahap II dan III, yaitu Tes Kesehatan & Kebugaran, dan Tes Assessment (wawancara)

Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes Kesehatan dan Kebugaran hanya dilaksanakan 1 (satu) hari sesuai jadwal tes yang ditentukan oleh Panitia.Jadi, ingat tuh jadwal baik2 jgn sampek salah jadwal ya..!klu udah salah jadwal, siap2 aja nama kalian tidak tercantum di daftar pengumuman penerimaan nanti. Makanya jangan main2..serius nggih.! Sips,..lanjut..
Nah, kebetulan saya dulu tesnya di BDK Medan. buat adik-adik yang lulus tes tulis selamat yaa :)
Jadi,. Tahapannya adalah Tes Kesehatan dulu, nanti adik2 dikasih formulir yang isinya tentang kondisi kesehatan adik2 (kayak form cek up di RS itu lo), kira2 isinya tentang :
-       (di isi oleh adik2 sendiri) Identitas diri, gol. Darah, pernah punya penyakit apa.
-      (akan di isi panitia, karena akan diperiksa satu persatu tentang ini) tinggi dan berat badan, matanya minus apa gak, buta warna apa gak, tekanan darah berapa.
Nah nanti pas di dalam ruangan akan ada pemeriksaan, seperti :
1.    Tinggi dan berat badan, usahakan ideal ya. (rumusnya TB – 110 = BB)
2.    Tekanan darah, nah disini tekanan darah usahakan normal batas TD atas = 120 dan TD bawah = 80, dulu itu temen saya saking groginya TD dia naik sampek 140,. Nah rumusnya dalam tes ini adik2 harus tenang, klu boleh nyanyi2 aja, biar gak grogri trus jd netes2 keringatnya dan akhirnya gak boleh ituk tes kebugaran gara2 dinyatakan kurang sehat oleh dokter. Jadi adik2 yang suante poll ae,. Hehhee
3.   Tes mata, tes melihat dari jarak sekitar 5 Meter disuruh melihat huruf2 yang ukurannya berbeda, nanti dokternya pakek penggaris nunjukin ini huruf apa saja, dan adik2 harus menyebutkannya dengan benar dengan satu mata ditutup. Oy, saran saya nantikan yang di tes kedua mata adik2 ya, nanti itu gantian nutup manatanya kanan dulu atau kiri dulu terserah adik itu dengan tangan adik sendiri nutup matanya. Nah, pas nutup matanya jangan terlalu ditekan ya, jd nutupnya rapat tp jgn sampek nyentuh matanya, takutnya pas giliran mata yg ditutup tadi suruh melihat, gara2 ditutup dgn ditekan mata adik2 akan melihatnya blur.
4.   Tes buta warna, ya,. Secara umumnya tes buta warna yang suruh meliha gambar berwarna2 dan membentuk pola angka. Klu matanya gak buta warna pasti kelihatan angkanya.
5.   Nah, tes kesehatan yang terakhir ini tes reflek. Jadi kita disuruh berbaring, nanti betis kita dipukul oleh dokternya dan perut kita di raba2 trus dipencet pas dipencetnya itu saya langsung kaget trus duduk. Hehehe,..apa itu yang namanya reflek ya,. Ya begitulah.
Klu udah selesai semua tahapan tersebut, dokter akan menandatangani formulir kesehatan yang kita bawa tadi, lalu dokter menuliskan “Bahwa Peserta ini dinyatakan sehat dan siap mengikuti tes kebugaran”. Alhamdulillah,..tes kesehatan lolos,..
Tp klu dokter tidak menuliskan seperti itu, atau peserta dinyatakan kurang sehat ya siap2 aja pulang dengan tangan hampa. Jangan ya,..adik2 harus yakin dan semangat.

Sekarang tes kebugaran.Lanjut,…..
Ada 2 tahapan tes kebugaran :
1.     Tes lari jarak jauh
Tes ini, kita diminta mengelilingi lapangan yang dibatasi dgn bambu2 yg digunakan untuk mengetahui jarak lari kita.Tes ini yang dihitung adalah berapa kali putaran yang adik2 dapat selam 12 Menit.Nah,. Waktu lari sudah paten yaitu 12 menit,. Standarnya adik2 dpt jarak 2,5 KM selama 12 Menit. Atau 5,5 – 6 kali putaran lapangan sebak bola selama 12 menit. Siapkan aja fisik, WAJIB!!!latihan secara rutin ya(klu bisa pas siang hari)..makan makanan yang bergizi, istirahat yang teratur. Klu saya dulu tidur max.jam 9 bangun jam 4, hbs bangun  berdoa. serta stiap pagi minum telur mentah dicampur susu. Kata orang, minuman itu dpt menambah stamina badan. Hehehe,. Tp klu adik2 punya cara2 lain silahkan..
2.     Tes Shuttle Run
Tes ini kita disuruh lari cepat (sprint) membentuk angka 8.Klu shuttle run yang dihitung waktunya selama adik2 lari 3x angka 8. Dlm tes ini akanada 2 (dua) bambu berdiri kira – kira berjarak 3 (tiga) Meter. Nah kita disuruh lari cepat mengelilingi kedua bamboo tersebut 3x (tiga kali) putaran.Standarnya max.waktunya 18 dtk. Jadi harus cepet2 an ya,..oy, klu saya dulu sepatu saya, saya lepas biar ringan untuk tes shuttle run ini.
Dan satu lagi dilarang membuat bambu2 td jatuh gara2 kesenggol, klu jatuh akan di disqualifikasi..mangkanya jgn suka senggol2,. dan dilarang memutari bambu dengan cara membelakanginya.. hehehehe,….


TES ASSESSEMENT (WAWANCARA)

Tes Assessement hanya dilaksanakan 1 (satu) hari sesuai jadwal tes yang ditentukan oleh Panitia.Jadi, ingat tuh jadwal baik2 jgn sampek salah jadwal ya..!klu udah salah jadwal, siap2 aja nama kalian tidak tercantum di daftar pengumuman penerimaan nanti. Makanya jangan main2..serius nggih.! Sips,..lanjut..
Kurang lebih ini gambaran dari Tes Assessement :
1.    Peserta melakukan registrasi kepada Panitia, dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan dan akan diberikan no. urut. (persyaratan diberitahuakan, misalnya: BPU, Pas Photo, Fotokopi KTP)
2.   Pada waktu registrasi Peserta akan diberi formulir Tes Assessement yang harus diisi pada waktu itu juga. Dalam formulir tersebut kurang lebih isinya tentang:
-          Identitas diri
-          Identitas Orang Tua
-          Riwayat Pendidikan
-          Bimbingan Belajar yang Pernah Diikuti
-          Pengalaman Organisasi
-          Prestasi Selama di Sekolah
-          Kelebihan dan Kekurangan yang dimiliki
-          Hobi
-          Cita – Cita
-          Jurusan yang dipilih di STAN
3.  Setelah Formulir diisi secara lengkap, Peserta akan dipanggil Panitia sesuai No. Urut dan diminta menyerahkan formulir tadi ke Panitia.
4.     Peserta memasuki ruangan untuk diwawancarai oleh psikolog.
5.     Proses wawancara berlangsung sekitar 15 Menit dan akan di rekam oleh pewawancara.
6.     Setelah selesai peserta bisa meninggalkan ruangan.

Tips dan Trik menghadapi Tes Assessement:
1.    Datanglah tepat waktu dan berpenampilan menarik (rapi).
2.    Pakaian sebaiknya Baju Putih, Celana Hitam, dan Sepatu Hitam. tapi saya kemarin sih memakai   
      kemeja motif kotak2 dan celana jeans hhhaha (bukan untuk di tiru ya adik2)
3.    Isilah formulir Tes Assessement dengan benar apa adanya tanpa dikurangi dan dilebihkan.
4.    Pada waktu dipanggil untuk wawancara, dan bertemu dengan pewawancara ucapkanlah salam “Selamat Pagi Pak/Bu atau Selamat Siang Pak/Bu”.
5.     Jangan duduk dulu sebelum dipersilahkan duduk oleh pewawancara.
6.   Mulailah diwawancarai, bersikaplah tenang, jangan gugup. Dalam proses wawancara adik – adik akan ditanyai mengenai isi dari semua formulir yang adik – adik isi tadi. Jadi ingat – ingatlah isi dari formulir yang adik – adik isi tadi.
7.   Bicaralah yang jelas (jangan terlalu cepat dan pelan), jangan bertele – tele dan jangan terlalu singkat. Apa adanya saja. INGAT!!! JANGAN BERBOHONG! Psikolog akan tahu jika kita berbohong.
8.    Pandangan jangan melihat ke bawah, atas, samping. Tapi lurus ke depan tataplah mata Pewawancara (jangan terlalu tajam).
9.     Besikaplah agak ramah, dalam berbicara selingi dengan senyum manis.
10.   Setelah selesai Ucapkan terima kasih dan salam.

Sudah beres nih Tes Kesehatan & Kebugaran dan Tes Assessement tinggal nunggu hasilnya.
Ingat!!!!! Berdoa perlu setelah berusaha. Adik2 harus berdoa ya,.Karena bagaimanapun, sebuah nasib yang menentukannya adalah ALLAH.Maka berdoalah kepada-Nya.
SUKSES BUAT ADIK2,. SEMOGA LOLOS!!!






3 komentar:

  1. best casino games for bettors in NJ
    › 2021/08 › best-casino- › 2021/08 › best-casino- Jul 29, 2021 — Jul 29, 2021 What is the best NJ online casino for bettors in NJ? We have listed the best NJ casino games available 온라인 카지노 슬롯 online for you.

    BalasHapus
  2. PUBG CASINO 2021 - Mapyro
    PUBG CASINO 경산 출장안마 2021 - Find Casinos Near You, Find 제주도 출장마사지 Casinos Near You, Search 진주 출장마사지 Casinos Near You, Find Full Information. Mapyro 논산 출장마사지 provides 파주 출장마사지

    BalasHapus